Reformata.com – BERHATI-hatilah jika Anda seorang wanita paruh baya yang gemar mengonsumsi suplemen kalsium untuk meningkatkan kekuatan tulang. Pasalnya, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa kebiasaan tersebut berisiko besar terhadap jantung.
Pengonsumsi suplemen kalsium justru akan meningkatkan risiko serangan jantung sebesar 30% lebih tinggi. Penelitian terbaru yang melibatkan 12.000 orang menemukan bahwa mereka yang m engonsumsi suplemen lebih berpotensi besar menderita serangan jantung. Dari 1.000 orang pengonsumsi kalsium yang diamati selama lima tahun, 14 di antaranya menderita serangan jantung, 10 stroke dan 13 meninggal dunia
Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh media online British Medical Journal, orang yang memakai suplemen sebesar 500 mg atau lebih per hari, meningkatkan jumlah kalsium dalam darah memiliki efek negatif pada sistem kardiovaskular.
Para ahli percaya bahwa tingkat darah tinggi menyebabkan pengerasan arteri, yang dapat menyebabkan serangan jantung.
Karena itu tim peneliti merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi 700 mg kalsium per hari, yang harus berasal dari sumber makanan termasuk susu, keju dan hijau, sayuran berdaun. Slawi/Dailymail